31 Maret 2014

Berhijab/berjilbab



Hijab??? Ya..hijab  atau dalam bahasa Arabnya yang berarti penghalang. Hijab atau hijab sudah dominasi sekali dengan semua kalangan alhamdulilla sampai sekarang ini wanita berhijab sudah semakin pesat, bukan hanya di Indonesia tetapi di negara manapun  wanita berhijab selalu ada terlihat. Selain dari Arab di beberapa negara Barat ‘hijab’ lebih merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim .


Defini Hijab :
  • Hijab baju atau pakaian yang lebar
  • Hijab baju atau kerudung    
  • Hijab pakaian luar yang lebar sekaligus kerudung yang bisa dipakai oleh wanita untuk menutup pakaian (dalam ) mereka 
  • Hijab sejenis pakaian yang lebih besar dari pada sekedar kerudung dan lebih kecil dari selendang besar (rida’)yang bisa dipakai oleh kaum wanita untuk menutupi kepala dan dada mereka 
  • Hijab kerudaung yang biara dipakai oleh kaum wanita unutuk menutupi kepala dan muka ketika hendak keluar rumah 
  • Hijab pakaian yang menutup seluruh anggota tubuh (kecuali  telapak tangan) dan bukan sebagian saja 
  • Hijab busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki, dan wajah yang biasa oleh para wanita muslim


 
 
Dari definisi diatas hijab/jilbab merupakan penghalang / menghalangi, menutup, melindungi , membatasi pandangan laki-laki kepada wanita yang bukan mukhrimnya . Sekarang aku tanya, mengapa kamu belum siap memakai jilbab?? Hijab itu hukumnya WAJIB bagi seorang wanita muslim (yang telah baliq).

Hijab/jilbab bertujuan untuk menghindari kita dari finah ‘berhias untuk menarik perhatian laki-laki yang bukan muhrim’. Selain itu wanita juga harus mengendalikan diri agar tidak memamerkan keindahan tubuh . Intinya adalahseorang perempuan harus menjaga kemuliaan diri sebagai seorang wanita .

Mungkin kamu sering dengar , ‘ banyak kok wanita yang berjilbab tapi tidak benar’ . Menurut ku itu persoalan lain . Intinya dia sudah melaksanakn satu kewajibannya sebagai wnita muslim meski tindakan yang diperbuatnya belum seutuhnya benar . Lagi pula laki-laki akan lebih segan terhadap mu ketika kamu berhijab .

Beberapa kendala yang dihadapi oleh wanita ketika ingin berhijab/berjilbab adalah tidak percaya diri, ya dengan ketidak percaya dirian wanita muslim akan merasa takut, takut karna di-bully oleh pergaulan . Misalnya, ‘ ciiee…ciee….yang lagi tobat ni ee..’ . Menurut ku ,ini hanya perkara kecil, tidak usah menjadikan pendapat orang lain sebagai acuan untuk menuju proses kabaikan . 

Kendala lain yang harus dihadapi oleh wanita yang ingin berhijab adalah secara otomatis harus mengganti smua pakaian yang dimilikinya. Artinya, dia harus belanja kebutuhannya dari nol . Pelan-pelan saja step by step semua untuk menuju kebaikan pasti ada jalannya J Lagi pula lebih mahal tas Hermes atau tas Furla yang kamu miliki dibandingkan dengan harga beberapa  lembar jilbab kan ?? Kalau pun kamu masih sekolah, aku yakin kalau orangtua denga seang hati membelikan mu jilbab karna mereka tau kalau ini merupakan menuju kebaikan . 

Akhir-akhir ini hijab sedang menjadi trend. Gempurnya sangat terasa di Idonesia . Jika kita lihat begitu banyak bentuk dan model hijab, toko-toko yan menjual hijab dan tutuorial cara menggunakan hijab pun bisa dengan mudah kita temukan di Indonesia blog . Sebenarnya disatu sisi ini terlihat baik, hanya saja jangan sampai fenomena ini hanya menjadi trend sesaat . Sekarang tidak sukit menemukan komunitas hijabers di Indonesia . 

Oke, mungkin ada beberapa wanita yang memakai jilbab hanya sbagai perhiasan semata atau sebagai penutup kepala . Kalau begitu yang harus diluruskan adalah niatnya. Kalaupun ada niat lai setelah itu, misalnya agar lebih cantik, yah wajar-wajar aja . Lagi pula soal niat akan menjadi urusan makhluk dan Tuhan-nya . Tidak ada satu orang pun yang tau isi hati seseorang .

Note: wanita yang memakai jilbab belem tentu beriman, tetapi wanita yang berimanpasti berjilbab .
Apa perlu aku tulis ayatnya biar kamu yakin kalau ini sebuah kewajiban wanita muslim?? Hahahahha….. tidak usah ya, nanti kamu pikir aku ini mama Dedeh .

Terima Kasih semoga bermanfaat buat pengunjung setia ):

 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 Berbagi Cerita & Pengalaman: Berhijab/berjilbab | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah