07 Maret 2016

I'am an Introvert

Assalamualaikum heii heiiii mana suaranya ni sobat gaul J.... Hehee gimana nih masih semangat hidup hari ini?? Yah pasti dong always spirit yes sobat. Kembali lagi nih gw dengan perasaan yang sama dan juga pastinya dengan orang yang sama. Nah seperti yang gw bilang sebelumnya artikel yang akan gw post kali ini bakalan gak kalah serunya, nahh pada penasaran?!! Langsung aja nih cekidottt!!!!


Gw mau nanya nih sob kira-kira gw ini tipe orang yang kaya gimana sih?? Yaelahh hahaaa sorry sorry kirain udah pada kenal gw ternyata belom ada yang kenal yah hahaa sok kePDan sih gw nya. Nah buat sobat sobat yang belom kenal gw maaf gw gak bisa kenalkan diri gw karna bersifat sara dalam kurung (privasi). Tapi disini gw bakal kenalin atau kasih tau ke sobat sobat kalau gw itu tipe orang yang gimana sih... Dari hasil milah dan memilah kata-kata yang sesuai dengan kepribadian gw ternyata hasilnya WOW gw itu menakjubkan yuhuuu

Selain intrapersonal (di post yang sebelumnya) gw itu juga termasuk tipe introvert. Pada tau apa itu introvert sobat?? Nah ini gw jelasin, menurut kamus yang gw baca introvert itu adalah tipe orang orang yang bersifat tertutup, cendrung pendiam, gak banyak bicara, suka menyendiri, dan juga sering kali di asosiasikan sebagai orang yang kurang bisa berbaur dengan lingkungan. Dan juga memiliki keperibadian yang egois, pemalu dan minder. Gimana ngerti gak tuh, itu bahasa udah level easy loh sob. Kedengarannya tipe gw ini kaya agak rada rada gitu ya, tapi yah begitulah gw dengan segala kekurangan dan terselip kelebihan pada diri gw.

Eitss jangan salah sob introvert gak selamanya buruk, dibalik sifat pemalu yang lebih dominan menyendiri itu karna introvert lebih nyaman kesendirian dan bukan berarti selamanya gw pemalu dan begitu juga yang tertutup bahkan gw cendrung menemukan energi dan cahaya ilahi dalam kesendirian atau bersama temen kelompok kecil gw. Dan bahkan ada hal hal yang bisa sobat ekstrovert (terbuka) pelajari dari kami introvert yang tenang dan bijaksana ini ceilehh :D misalnya :

Menghabiskan waktu dengan sendiri karna memberikan waktu untuk diri sendiri itu penting sob karna akan lebih memiliki kehidupan batin yang kaya dan juga dapat memuaskan hoby
Bebas menikmati kegiatan yaitu orang yang aktif atau berkembang dalam suatu tempat dimana dia melakukan pekerjaannya
Penjelajah pikiran dan perasaan maksudnya, memiliki ide kreatif yang alami dalam memecahkan suatu masalah
Pendengar yang baik karna gw emang agak sulit dalam berkomunikasi tapi gw adalah pendengar yang setia
Membentuk hubungan yang lebih dalam
Gak mudah terpengaruh karna kami pribadi yang positif
Komunikasi yang kuat sebenarnya gw ini kuat dalam komunikasi (gak juga lah) tapi gw cendrung menghindari pembicaraan yang tidak penting dan gak suka buang buang waktu

Nahh itu baru pelajaran hidupnya sob ini nih ciri-ciri introver yang ngena banget ke gw nya hahaaa

Saat berteman gw itu lebih suka berteman dengan sedikit orang dibanding banyak orang. Walaupun gw itu terkesan pendiam gak banyak omong gw itu bisa berubah 9,99% menjadi orang/teman yang paling cerewet dan paling ngeselin kalo udah barengan sama temen temen yang keakrabannya mencapai hingga 90◦. Dan saat lagi ngomong gw akan menyaring segala ucapan yang bakal gw lontarin karna kata pepatah “MULUTMU HARIMAU MU” dan bakal ngomong seperlunya dan seadanya aja gak panjang lebar hahaahaa rada susah ya ngadepin orang yang kaya gw.

Gw juga senang menghabiskan waktu sendirian sampai gak keluar keluar rumah selama seminggu bahkan lebih. Gw itu terkesan cuek dan gak pedulian sama situasi dan kondisi apapun. Nah ini dia buat sobat sobat setia gw yang mungkin (gak ada yang gak mungkin kan) bakal ketemu gw dijalan, dimall, dihutan, disawah, dimasjid dan dimana manalah kalo kalian nyapa dan gw cuman senyum atau say hai aja tanpa ada dua patah tiga patah kata dan seterusnya jangan masukin ke hati ya apalagi masukin ke perut mencret ntar hahaa bukan seolah-olah gw kaga kanal sama kalian gw emang gitu lah sob ummm…

Nah ini gw punya ulasannya sob. Mau certain yang gw nya aduhh panjang banget capek gw ngetiknya. Sudah sudahh ini dia singkat ulasannya….

Introvert dia akan menjauhi kerumunan orang banyak dan memilih untuk sendiri karena dia merasa lebih nyaman berada seorang diri . Dan hanya mau berteman dengan orang yang budi bahasanya halus. Mereka akan langsung tidak suka dengan orang yang berkata kasar walaupun kata-kata itu bukan ditujukan untuk dirinya. Dia juga suka memendam masalahnya sendiri, dia jarang berbagi masalahnya atau menceritakan kehidupannya ke orang lain, dia juga mempunyai self-blaming yang gede (suka menyalahin diri sendiri), yang akhirnya timbul depresi, dan emosian. Dan kadang mau terbuka dengan orang yang sudah bener-bener dia percaya.

Biasanya banyak mikir dan memiliki pemikiran yang jauh, maka itu orang introvert lebih sedikit berbicara, karena dia selalu memikirkan apa yang akan dia katakan, misalnya apa itu pantas dibicarakan, apa perlu untuk dibicarakan, apa kira-kira jawaban yang akan diberikan orang lain, dsb. Dari situ keliatan juga orang intovert cenderung perfeksionis.
Biasanya bijaksana dan bisa memecahkan problem orang lain asal orang itu mau minta nasihatnya, makanya cocok jadi tempat curhat, tapi kalau nggak ya tipe introvert itu termasuk orang yang 'mahal bicaranya'. Jadi kalau ada orang yang diajak bicara sama tipe tersebut berarti dia beruntung.

Dia tidak suka kalau berbicara basa basi dengan orang, kalau ngobrol tidak tau harus memulai dengan topik apa. Tapi kalau sama sahabat atau teman yg udah akrab, dia bisa lepas berbicara sama mereka. Lebih suka menyendiri, biasanya lebih suka berdiam di kamar. kalo lg nunggu atau lg di kramaian lebih suka dengerin musik, main hp, baca buku dan asyik sndiri dan kurang perduli dg orang2 dan lingkungan di sekitarnya.

Cara buat Menaklukkan Orang Introvert
Meskipun tidak mudah, bukan berarti tidak mungkin untuk menaklukkan orang introvert. Kamu hanya harus membutuhkan lebih banyak kerja keras dan kesabaran untuk bisa membuatnya nyaman berada bersamamu. orang introvert itu terlihat 'dingin' atau 'sangaaaaaaatttttttttt dingin' tapi asal kamu mencoba menembus pertahananya itu maka lumer deh esnya. Emang sih orang tipe ini keliatan cuek di luar nya tapi coba masuk ke dalam, orang introvert nggak sedingin yang keliatan di luar.
Nah Ini Ada beberapa tips buat kamu jika menghadapi Orang Introvert :
§  Berbicara dengan Orang Introvert 
Sebelum kamu mulai menggunakannya, kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana berbicara dengan Orang introvert. Simak beberapa tips berikut ini:
Ketika dia bicara, dengarkan dia dan jangan potong omongannya sebab jika kamu memotong kalimatnya, kemungkinan besar dia akan sulit untuk mulai bicara
kembali. Sering-seringlah mengambil inisiatif untuk memulai percakapan. Orang introvert tidak akan bicara bila kamu tidak memulainya lebih dulu. Ulangi apa yang dia bicarakan. Tanyakan apakah penangkapanmu sudah cukup akurat sebab terkadang apa yang ia bicarakan bisa berarti berbeda dari yang kamu pikirkan.
§  Buatlah dirimu nyaman dalam keheningan
Sering kali Dia berada dalam keheningan dalam arti ia tidak banyak bicara meski ia sedang bersama orang lain. Terkadang Orang introvert membutuhkan waktu lama untuk bisa mengungkapkan pendapat atau pikirannya. Bukan berarti ia “lambat” dalam berpikir, tetapi ia selalu mengungkapkan apa yang ia pikirkan dengan caranya sendiri. Jangan memburunya dan tunggulah sampai dia menyelesaikan omongannya.
§  Temani Dia sebagaimana diketahui
Salah satu tipe orang introvert biasanya tidak nyaman berada bersama orang banyak. Karena itu juga, kamu tidak akan menemukannya dalam gerombolan orang2 yang biasa nongkrong di pusat-pusat perbelanjaan atau pusat keramaian. Alih-alih mengajaknya ke tempat yang banyak dikunjungi orang atau cobalah menawarinya untuk ikut ke tempat yang dia mau. Kamu harus bisa menawarkan kepercayaan dan kenyamanan sehingga ia pun akan merasa nyaman ketika bersamamu.
§  Kenali Dia Lebih Dalam 
Untuk memulai percakapan dengannya, tentu sebelumnya kamu harus tahu topik-topik apa yang dia sukai atau hal-hal apa sajakah yang menarik baginya. Usahakan untuk mencari tahu hal-hal tersebut jika kamu tidak terlalu memahaminya. Ketika kalian membicarakan hal yang dia sukai, dengan lancar dan senang hati dia akan mulai bercerita panjang lebar.
"Pendiam bukan berarti pemalu, Penyendiri bukan berarti tidak mengerti akan kehidupan sosial, Tidak berbicara bukan berarti bisu, Melamun bukan berarti kalah pada keadaan, itulah Introvert". introvert itu wajar asal masih dalam batas kewajaran.
Okay sobat gaul gimana gimana udah jelas dan paham dengan tipe orang Introvert ini?? Nah beberapa di artikel gw yang ini gw kutip dari artikelllll ntah lupa juga gw ambil dari situs mana yaa… Dahlah lupakan. Selamat beraktifitas dan selamat beristirahat dadahh sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 Berbagi Cerita & Pengalaman: I'am an Introvert | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah