26 April 2014

Cara Menggunakan Notebook dan Laptop yang Baik


Haii sob uda lama yaa gak ngeposting blog lagi, dari mana aja lo??!?hahahaa pastinya gw sibuk donk biasa cegal (cewe gaul) sok sibuk :D . Nah lansung aja kita bahas..kali ini postingannya menyangkut dengan jurusan gw nih, yah lebih tepatnya jurusan RPL (Rekayasa Prangkat Lunak) pastinya identik dengan yang namanya Laptop /notebook  donk !! Okey cekidottt..


Jaman sekarang nih barang elektronik kayak  notebook atau laptop uda gak jadi barang mewah lagi. Mulai dari  pelajar, mahasiswa, pegawai kantor, guru maupun orang tua kita sekalipun pasti uda terbiasa menggunakan alat elektronik yang satu ini donk . Mulai dari harga yang paling mahal ni sob hingga belasan juta rupiah Wahh.. dan buat yang uangnya pas-pasan ada juga nih  harga yang paling terjangkau, hanya beberapa juta aja kok.

Nah, kalau lu lu pada uda punya gadget yang satu ini, lu harus tau ada beberapa hal kecil yang berpengaruh besar dengan keadaan notebook ataupun laptop  lu nih. Jangan sampai lu secara gak sadar ngerusak perlahan-lahan barang yang amat sangat ngebantu pekerjaan dan kehidupan sosial lu (agak lebay yah).
Nah,, Dibawah inini lu bias liat hal-hal kecil apa aja yang akan mempengaruhi kinerja laptop dan notebook lu :
  • Yang pertama, lu keluarin notebook atau laptop lu dari softcase saat lu mulai mau menggunanya . Hal ini harus diperhatikan sob karena jika ngak gadgets lu gak bekerja secara maksimal (camkan tu sob) Bila softcase gak dilepas maka ventilasi udara yang letaknya dibawah notebook/ laptop lu akan tertutup jadi gadgets lu dapat menyebabkan kerusakan komponen mesin di dalam laptop/ notebook karena terlalu panas sob.
  • Lalu setelah dikeluarkan dari softcase, letakkan gadgets lu pada tempat yang datar atau rata sob agar lubang ventilasi yang letaknya di bawah notebook/laptop gak tertutup. Selain itu lu juga harus mastiin kalau gadgets lu berada di tempat yang stabil dan gak banyak goncangan yang dapat merusak Hardisk, Optical Drive dan Socket-socket serta komponen lainnya sob. Ohiya sob,, ada baiknya jika lu beri Cooling Pad, jadi sirkulasi udara yang masuk dan keluar pada notebook atau laptop lu akan terjaga dengan baik.
  • Nah,, sebelum lu idupin gadgets, lu pastiin kondisi battery masih ada daya yang cukup untuk proses booting sampai menjalankan OS. Jangan sampai tiba-tiba gadgets  lu kehabisan daya saat sedang ngelakuin proses booting ke OS, karena itu akan ngerusak hardisk lu secara permanen sob. Jika ngak yakin dengan kondisi battery, jangan ragu untuk masang adaptor charger lu sambil nyalain notebook/ laptop.
  • Dan, saat lu masang adaptor, pastikan stock kontak uda tertancap dengan baik dan stabil pada adaptor sebelum lu menancapkan jack DC ke gadgets. Karena apabila adaptor gak menacap dengan baik dan stabil di stock kontak akan berakibat pada kerusakan dari battery yang ditandai dengan munculnya percikan api sob (ngerikan sob).
  • Nah ini yang terakhir sob,, jangan biasakan menggunakan notebook/ laptop dengan adaptor aja, dan battery dilepas. Selama ini lu pasti sering denger rumor kalau lebih baik lepas battery saat menggunakan gadgets dalam waktu yang lama karena jika ngak dilepas battery akan rusak karena overcharge. Namun, hal itu sob sebenarnya akan menimbulkan masalah yang sangat amat besar,  jika tiba-tiba aja listrik dari PLN dimatikan nah apayang terjadi sob.. hardisk sob hardisk didalam gadgets lu yang rusak(gawat-gawat). Padahal sob selain menyimpan daya, battery juga berguna nih sob, bias untuk membantu nyediain daya yang stabil saat adaptor gak mencukupi saat processor bekerja dengan maksimal sob.
Jadi sekarang lu sekarang uda pada tau kan sob hal kecil yang mungkin selama ini lu sepelekan namun ternyata berpengaruh besar pada keawetan dan kinerja dari gadgets lu,, yakan???...
Oke makasih uda ngebaca postingannya gw nih, semoga bermanfaat buat sobat gaul bye..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 Berbagi Cerita & Pengalaman: Cara Menggunakan Notebook dan Laptop yang Baik | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah